Sejarah Hari Kanker Sedunia

Sejarah Hari Kanker Sedunia

Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Februari. Ini adalah inisiatif dari Union for International Cancer Control (UICC) untuk memimpin dalam mengadakan, membangun kapasitas, dan inisiatif advokasi yang menyatukan komunitas kanker untuk mengurangi beban kanker global, mempromosikan sejarah pemerataan yang lebih besar, dan mengintegrasikan pengendalian kanker ke dalam agenda kesehatan dan pembangunan dunia. Kanker adalah penyebab kematian nomor dua di seluruh dunia dan 70% kematian akibat kanker terjadi di negara berpenghasilan rendah hingga menengah. Setiap tahun, jutaan nyawa dapat diselamatkan dengan menerapkan strategi sumber daya yang tepat untuk pencegahan, deteksi dini, dan pengobatan.

Sejarah Hari Kanker Sedunia

Perserikatan Bangsa-Bangsa, Organisasi Kesehatan Dunia, dan badan-badan PBB lainnya dalam beberapa tahun terakhir telah mengakui kebutuhan mendesak akan komitmen global. Hari Kanker Sedunia diperingati dengan tema tertentu. Hari ini diselenggarakan oleh Union for International Cancer Control (UICC). WHO telah merancang panduan diagnosis dini kanker. Tidak diragukan lagi, mendeteksiĀ situs slot terbaru kanker sejak dini akan efektif menurunkan angka kematian yang terkait dengan kanker. Berbagai jenis kanker terjadi tetapi kanker yang paling umum menyerang orang India adalah kanker paru-paru, payudara, leher rahim, leher, otak, dan kolorektal. Ini adalah pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali di mana saja di dalam tubuh. Ada beberapa jenis kanker, biasanya dinamai berdasarkan organ atau jaringan tempat kanker terbentuk.

Dunia memiliki insiden tertinggi penyakit ini. Pada tahun 2000, Hari Kanker Sedunia dicetuskan pada KTT Dunia Menentang Kanker yang pertama dan diadakan di Paris. Pada KTT ini, beberapa pemimpin instansi pemerintah, dan organisasi kanker dari seluruh dunia menandatangani Piagam Paris Melawan Kanker. Itu adalah dokumen 10 artikel yang menguraikan komitmen global kooperatif untuk meningkatkan kualitas hidup pasien kanker dan untuk investasi berkelanjutan dan kemajuan penelitian, pencegahan, dan pengobatan kanker. Pasal X dari piagam tersebut secara resmi menyatakan 4 Februari sebagai Hari Kanker Sedunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jika sejarah kejadian kanker terus tumbuh pada tingkat yang dilaporkan, jumlah kematian di seluruh dunia akibat kanker akan meningkat menjadi lebih dari 16,3 juta pada tahun 2040.

Juga, 40 persen kematian akibat kanker dapat dicegah menurut untuk siapa. UICC didirikan pada tahun 1993. Memiliki kantor pusat di Jenewa. Ini adalah organisasi berbasis keanggotaan yang mengurus Kanker di seluruh dunia dan membantu dalam penelitian medis. Tujuan UICC adalah untuk mendukung Deklarasi Kanker Dunia. Tujuan utama dari merayakan hari ini adalah untuk mengurangi jumlah pasien kanker dan untuk mengurangi tingkat kematian yang diakibatkannya. Sekaligus menyadarkan masyarakat tentang cara mengenali gejala kanker, mengedukasi masyarakat, serta mempersiapkan pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat untuk membantu memerangi penyakit mematikan ini di seluruh dunia.