Sejarah Tentang Hari Perempuan

Sejarah Hari Perempuan

Tentu pasti kalian tahu kan tentang Hari Perempuan Internasional. Hari Perempuan Internasional atau International Womens Day 2021 yang diperingati setiap 8 Maret, pada tahun ini mengambil tema kampanye “Choose to challenge”. Berdasarkan informasi dari laman komunitas International Womens Day (IWD) tema itu diambil sebagai bentuk bahwa kaum perempuan berani mengambil pilihan dan tantangan. Pesan dalam kampanye ini adalah untuk mendapatkan hak wanita tidak hanya bisa sebagai seorang yang didapur saja melainkan bisa ikut berkarir dan membantu perekonomian keluarga , melawan ketidaksetaraan, bias, dan stereotip terhadap kaum perempuan, juga siap membantu terwujudnya dunia yang inklusif. Kampanye ini diharapkan dapat menjadi ajakan positif bagi semua pihak, tidak hanya perempuan tapi juga laki-laki untuk turut serta menciptakan dunia yang ramah terhadap perempuan.

 

IWD yang jatuh setiap 8 Maret sudah dirayakan sejak lebih dari 1 abad yang lalu, atau tepatnya sejak awal tahun 1900-an. Pada tahun 1908, terjadi kerusuhan besar, penindasan, dan ketimpangan yang dialami perempuan sehingga memacu mereka untuk menjadi lebih vokal dan aktif dalam mengkampanyekan adanya perubahan. Pada tahun itu, belasan ribu perempuan turun aksi di New York, AS menuntut jam kerja yang lebih pendek, gaji yang lebih baik, dan diberikan hak suara. Setahun kemudian, berdasarkan deklarasi Partai Sosialis Amerika, negara Paman Sam itu merayakan Hari Perempuan Nasional (NWD) pada 28 Februari. Tanggal perayaan ini sampai sekarang terus berlaku karena mengingat  memang ada hak yang haru sdiperjuangkan terus diperingati setidaknya hingga 1913.

Memperingati Hari Perempuan Internasional

Di masa sekarang, gagasan dan konsep tentang kesetaraan slot gacor kini bukan hal yang tabu lagi untuk dibicarakan. Kini, perempuan bisa memilih untuk berada di pemerintahan, kesetaraan yang lebih besar dalam hak-hak legislatif, dan apresiasi terhadap pencapaian mereka di berbagai bidang.

Perempuan kini bisa menjadi astronot, perdana menteri, memperoleh pendidikan tinggi, bebas untuk bekerja dan memiliki keluarga, serta memiliki kebebasan untuk memilih tujuan hidupnya. Tahun 2021 ini, Hari Perempuan Internasional memiliki tema #ChooseToChallenge. Mengutip dari laman sumber, tema ini dipilih untuk menjawab tantangan dunia saat ini dan yang akan datang. Para perempuan diharapkan untuk semua wanita bisa menjawab tantangan dunia.